BELAJAR BERBAGI

Selasa, 03 Januari 2012

AYAT AL-QUR’AN TENTANG PERINTAH MENJAGA LINGKUNGAN (bagian I)

QS. AL-RUM: 41-42
1.      Membaca
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ ٤١  
قُلْ سِيرُوا فِي الأرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِينَ ٤٢ 

2.      Analisis tajwid
Lafadz
Hukum
Sebab
Keterangan
الْفَسَادُ
Al-Qomariyah
ال bertemu huruf Qamariyah
Al dibaca jelas
فِي
Mad
يْ didahului kasrah
Dibaca panjang satu alif
الْبَرِّ
Al-Qomariyah
ال bertemu huruf Qamariyah
Al dibaca jelas
وَالْبَحْرِ
Al-Qomariyah
ال bertemu huruf Qamariyah
Al dibaca jelas
بِمَا
Mad
ا didahului fatkhah
Dibaca panjang satu alif
أَيْدِي
Mad Layin
يْ didahului fatkhah
Dibaca panjang satu alif
النَّاسِ
Al-Syamsiyah
Al bertemu huruf syamsiyah
Lam tidak dibaca
لِيُذِيقَهُمْ
Mad Thabi’i
يْ didahului kasrah
Dibaca panjang satu alif
عَمِلُوا
Mad Thabi’i
وْ didahului dhamah
Dibaca panjang satu alif
لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Idhar syafawi
مْ bertemu ya’
Dibaca jelas
يَرْجِعُونَ
Mad ‘Arid li Sukun
Setelah huruf mad terdapat tanda waqaf
Dibaca panjang satu alif
سِيرُوا
Mad Thabi’i
يْ didahului kasrah dan وْ didahului dhamah
Dibaca panjang satu alif
فَانْظُرُوا
Mad Thabi’i
ا didahului fatkhah dan وْ didahului dhamah
Dibaca panjang satu alif
الأرْضِ
Al-Qomariyah
ال bertemu huruf Qamariyah
Al dibaca jelas
كَيْفَ
Mad Layin
يْ didahului fatkhah
Dibaca panjang satu alif
كَانَ عَاقِبَةُ
Mad Thabi’i
ا didahului fatkhah
Dibaca panjang satu alif
الَّذِينَ
Mad Thabi’i
يْ didahului kasrah
Dibaca panjang satu alif
مِنْ قَبْلُ
Ikhfa’
نْ bertemu dengan ق
Dibaca samar
مُشْرِكِينَ
Mad ‘Arid li Sukun
Setelah huruf mad terdapat tanda waqaf
Dibaca panjang satu alif
3.      Mengartikan perkata
Lafadz
Arti
Lafadz
Arti
ظَهَرَ
Telah tampak
أَيْدِي النَّاسِ
Tangan-tangan manusia
الْفَسَادُ
kerusakan
لِيُذِيقَهُمْ
Supaya (Allah) merasakan kepada mereka
فِي الْبَرِّ
Di daratan
بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا
Sebagian yang telah mereka lakukan
وَالْبَحْرِ
Dan di lautan
لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Supaya mereka kembali
بِمَا كَسَبَتْ
Akibat (perbuatan)



Lafadz
Arti
Lafadz
Arti
قُلْ
Katakanlah
كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ
Bagaimana akibat (kesudahan)
سِيرُوا
berjalanlah
الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ
Orang-orang sebelum kamu
فِي الأرْضِ
Di bumi
كَانَ أَكْثَرُهُمْ
Mayoritas dari mereka
فَانْظُرُوا
Maka perhatikanlah
مُشْرِكِينَ
Orang-orang yang menyekutukan Allah

4.      Terjemah ayat
41.  Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
42.  Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)."
5.      Kandungan ayat
Surat al- Rum:41, menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi baik di darat maupun di laut akibat ulah tangan-tangan manusia. Allah telah menciptakan manusia dengan mengemban suatu amanat sebagai “Khalifah Allah di bumi”. Seharusnya dengan amanat tersebut manusia menjaga dan memakmurkan bumi serta melestarikan dan tidak merusaknya. Namun masih banyak manusia yang melupakan tugas utama manusia diciptakan, dan masih banyak manusia yang lupa akan tugas dan kewajibannya sebagai wakil Allah di bumi. Ketika terjadi kerusakan yang semakin parah terhadap lingkungan maka yang merasakan akibatnya juga manusia itu sendiri. Itu semua merupakan suatu sinyal bagi orang-orang yang mau berpikir ke jalan yang di ridlai Allah.
Surat al- Rum:42, menjelaskan kepada kita untuk memperhatikan sejarah bangsa-bangsa terdahulu sebagai i’tibar atau bahan renungan  dan mengambil pelajaran sehingga tidak salah jalan. Dengan mempelajari sejarah bangsa-bangsa terdahulu diharapkan akan memperkuat keimanan kita dan tidak meniru perbuatan negatif dan kemusyrikan mereka.
6.      Perilaku yang sesuai
a.       Menjaga kelestarian lingkungan
b.      Tidak membuang sampah sembarangan
c.       Tidak mencemari lingkungan dengan polusi
d.      Membudayakan menanam pohon
e.       Upaya konservasi lingkungan
f.       Pemberian penghargaan “Award” kepada praktisi lingkungan





DOWNLOAD MATERI
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar